Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sosial

Sembilan Kecamatan di Nunukan Terendam Banjir, Sembakung Terparah

Kantor Camat Sembakung yang terendam banjir, (Dokumentasi BPBD Nunukan)

NUNUKAN – Dalam sepekan ini dilaporkan banjir telah merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nunukan, ada sembilan kecamatan yang terendam banjir, kondisi terparah terjadi di Kecamatan Sembakung.

Kecamatan tersebut adalah Sebuku, Tulin Onsoi, Sembakung, Sembakung Atulai, Lumbis Hulu, Lumbis Pensiangan, Lumbis Ogong, Krayan Induk, dan Krayan Selatan.

Hasanuddin, Kepala Sub Bidang Kedaruratan dan Logistik (Kedalog) BPBD Nunukan mengatakan, ada tiga faktor yang menjadi penyebab terjadinya banjir tersebut.

‘’Intensitas hujan cukup tinggi, air laut pasang dan efek bulan. Itu yang mengakibatkan banjir kali ini cukup meluas. Yang terparah selalu di Kecamatan Sembakung. Wilayah tersebut bisa dikatakan perhentian air sehingga paling lama surut,’’ ujar Hasanuddin, Kamis (27/05).

Saat ini petugas BPBD terus melakukan pemantauan dan menyiagakan personel serta menyiapkan logistik jika terjadi langkah evakuasi.

‘’Sebenarnya ada beberapa warga terdampak yang sudah petugas BPBD evakuasi. Tapi banjir di wilayah ini adalah banjir tahunan. Masyarakat menganggap sudah terbiasa. Selama mereka masih bisa menempati Pungkau, mereka tidak akan mau mengungsi,’’ lanjutnya.

Pungkau merupakan bahasa setempat dalam menyebut para-para. Yaitu, sebuah ruang dari papan yang dibangun tepat dibawah atap rumah.

‘’Tapi saat ini air sudah mencapai pungkau di beberapa desa. Diperkirakan banjir akan terus terjadi sampai 5 hari kedepan. BMKG memprediksi hujan sedang dan lebat disertai petir masih akan terjadi, dan kemungkinan banjir akan meluas,’’ kata Hasan. (Dzulviqor)

 

 1,349 dibaca,  3 dibaca hari ini

Baca Juga:  Pasangan Kekasih Jaringan Narkoba Lapas Nunukan, Diamankan Satgas Pamtas RI - Malaysia Yonarhanud 16/SBC
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...