Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hukum

Residivis Pencurian Lari Tunggang Langgang Saat Dipergoki Tuan Rumah Bersembunyi di Atap

NUNUKAN – AR (21) warga Desa Mansapa Nunukan Selatan, tidak pernah menyangka aksi pencurian yang sudah direncanakannya gagal total.

Belum lagi mendapat barang berharga di rumah tetangganya, di Jalan Panamas RT 03 Mansapa, tuan rumah memergoki keberadaannya, ia pun harus lari tunggang langgang tanpa hasil.

Kasat Reskrim Polres Nunukan, PTU. Lusgi Simanungkalit mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi Jumat 22 Juli 2022, sekira pukul 05.00 WITA.

‘’Istri pemilik rumah sasaran, bangun hendak ke kamar mandi. Dia terkejut melihat seorang laki-laki berada di atas tiang atap rumahnya yang belum diplafon,’’ ujarnya, Kamis (28/7).

Saat dipergoki, AR memberi isyarat agar si ibu tersebut diam, dan tidak berteriak.

Namun melihat keberadaan orang asing diatas atap rumahnya dengan sebilah parang yang disandang di pinggang, ibu pemilik rumah panik dan langsung berteriak sekuat tenaga.

Akibat teriakan tersebut suaminya terbangun dan bergegas keluar kamar.

‘’AR langsung melompat turun dan berlari keluar melalui pintu belakang rumah yang sudah dicongkelnya dengan parang. Tidak ada barang yang hilang, pelaku belum sempat mencuri apapun,’’ katanya.

Lusgi menjelaskan, pelaku AR, merupakan seorang residivis kasus pencurian dengan pemberatan (Curat).

Awal Juli 2020, call center unit Pidum Sat Reskrim Polres Nunukan menerima beberapa aduan dari warga di seputaran Jalan panamas yang resah dan mengeluhkan adanya beberapa kali upaya percobaan pencurian.

Ciri ciri fisik dugaan pelaku pencurian yang disampaikan oleh warga Panamas, identik dengan kejadian percobaan pencurian pada 22 juli 2022 dimaksud.

Sehingga dugaan pelaku pencurian mengerucut terhadap AR. Seorang residivis kasus curat pada tahun 2017 yang juga tinggal di seputaran Panamas.

Pencarian terhadap AR dilakukan, dari tangannya, ditemukan sebilah parang dengan panjang sekitar 50 cm, yang dipergunakan untuk mencongkel pintu korban dan alat menjaga diri, saat melakukan pencurian.

Baca Juga:  Gelar Rapat Membahas Dugaan Pungli di Tunon Taka, Pelindo Nunukan Berharap APRL Segera Legalisasi Izin Menjadi Koperasi

‘’AR dikenakan Pasal 363 ayat (1) Ke-3 e, Ke-5e KUHP Juncto Pasal 53 ayat (1) KUHP Subsidair Pasal 2 ayat (1) UU darurat Nomor 12 Tahun 1951,’’ kata Lusgi. (Dzulviqor)

 2,473 dibaca,  3 dibaca hari ini

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...