Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekonomi

Poltek Nunukan, Kampus di Perbatasan RI – Malaysia yang Menjamin SDM Berkualitas Untuk Dunia Kerja

Foto setelah acara yudisium mahasiswa administrasi bisnis Kampus Politeknik Negeri Nunukan (dok.Novi)

NUNUKAN – Kampus Politekhnik Negeri Nunukan Kalimantan Utara, menjadi perguruan tinggi yang siap menyediakan SDM yang berdaya guna dan memiliki daya saing tinggi.

Keterisolasian wilayah perbatasan tidak menjadi alasan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Poltek Negeri Nunukan menitik beratkan pada pendidikan vokasi sebagai solusi tantangan di dunia kerja.

Novianti, Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P4MP) Poltek Negeri Nunukan mengatakan, pendidikan vokasi adalah jawaban bagi akademisi Nunukan yang berniat terjun langsung ke dunia kerja.

‘’Mereka akan menjadi tenaga-tenaga terampil dan professional, karena mereka sudah dibekali dengan hard and soft skill, yang sudah siap diterapkan di dunia kerja sesuai dengan jurusan masing,’’ujarnya, Selasa (16/2/2021).

Novi menjelaskan, pendidikan vokasi merupakan sistem pendidikan praktis yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan keahlian terapan, beradaptasi pada bidang pekerjaan tertentu serta dapat menciptakan peluang kerja.

Mahasiswa pendidikan kejuruan/vokasi, biasanya lulus dengan gelar Certificate, Diploma atau Advanced Diploma.

Banyak juga gelar vokasi yang dapat dilanjutkan ke pendidikan tingkat sarjana atau pascasarjana.

‘’Untuk di Poltek Negeri Nunukan, sementara masih sampai jenjang Diploma 3, pembukaan prodi D4 masih direncanakan,’’imbuhnya.

Novi menegaskan, mahasiswa lulusan vokasi akan terbiasa dengan praktik lapangan, mereka tidak terjebak pada sekedar teori dan mampu menemukan solusi, lebih inovatif dan kreatif.

Selain itu, banyak perguruan tinggi yang bisa dipilih bagi mereka yang ingin melanjutkan study, seringkali perguruan tinggi bekerja sama dengan pusat pelatihan dan institusi yang mendukung program vokasi.

Sehingga perusahaan akan lebih tertarik dengan mereka. Bukan hal mustahil merekalah yang menciptakan lapangan kerja.

‘’Lulusan vokasi sudah pasti faham seluk beluk dan lika liku pekerjaannya, itu jadi nilai plus yang membuat mereka lebih pede yang menjadi modal mereka terjun di dunia kerja,’’tegasnya.

Baca Juga:  Dilantik Menjadi Wakil Ketua DPRD Nunukan Periode 2019 - 2024, Ini Dua Komitmen Saleh

Program inipun menyediakan banyak beasiswa dengan beragam kriteria di bidangnya masing-masing.

Saat ini Poltek Nunukan memiliki 4 jurusan yang menjadi concern mereka, masing-masing, prodi administrasi bisnis, prodi teknik sipil, prodi teknik alat berat dan teknik pengolahan hasil perikanan. (Dzulviqor)

 2,444 dibaca,  3 dibaca hari ini

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...