Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nunukan

Persembahan 14 Kantung Darah Pramuka Nunukan Untuk Peringati Hari Bapak Pandu Dunia

Aksi donor darah anggota Pramuka Nunukan dalam peringatan hari Baden Powel -164 (dok.Sabri)

NUNUKAN – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Nunukan Kalimantan Utara, menggelar aksi donor darah untuk memperingati Hari Baden Powell ke – 164, Senin (22/2/2021).

Robert Stephenson Smyth Baden Powell, dikenal sebagai bapak Pandu dunia, hari kelahirannya 22 Februari, dikukuhkan sebagai hari bapak Praja Muda Karana (Pramuka) sedunia.

‘’Jajaran pengurus Kwarcab, Dewan Kerja Cabang (DKC) serta anggota Penegak dan Pandega dari berbagai Gugus Depan (Gudep) menyumbangkan 14 kantung darah,’’ujar Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka, Hanafiah.

Aksi donor darah, menjadi komitmen anggota Pramuka di perbatasan RI – Malaysia ini.

Hanafiah mengatakan, memperjuangkan dan meneruskan nilai-nilai ajaran Baden Powell haruslah terus di gelorakan, sehingga nilai kemanusiaan terpelihara dengan baik.

‘’Aksi ini juga didasari menipisnya stok darah di PMI Nunukan, sehingga butuh kepedulian bersama,’’tegasnya.

Ada beberapa kriteria darah yang didonorkan, golongan O sebanyak 6 kantong, darah A sebanyak 2 kantong, darah B sebanyak 4 kantong dan darah AB sebanyak 2 kantong.

Kepedulian anggota Pramuka dalam aksi kemanusiaan ini menandakan semangat gotong royong demikian terpatri.

Selanjutnya, donor darah untuk anggota Pramuka akan diagendakan secara rutin dan berjangka, antara tanggal 12, tanggal 14 atau tanggal 22, setiap dua atau tiga bulan sekali.

‘’Tanggal 12 karena hari bapak Pramuka Indonesia Sultan Hamengku Buwono IX diperingati 12 April, tanggal 14 karena Hari Pramuka diperingati 14 Agustus,’’imbuhnya.

Aksi ini mendapat apresiasi dari PMI Nunukan, Sekretaris PMI Cabang Nunukan Ilham Bahar mengatakan, kantong darah yang terkumpul dari anggota Pramuka, menambah stok darah yang saat ini sedang dibutuhkan.

“Jika donor darah akan menjadi agenda rutin dari Pramuka, kami sangat support dan siap bekerjasama, petugas PMI sangat mengapresiasi kehadiran anggota Pramuka,” pungkasnya. (Dzulviqor)

 1,029 dibaca,  3 dibaca hari ini

Baca Juga:  Pengetatan PPKM Level 3, Penumpang Kapal Pelni di Nunukan Baru Terdaftar 30 Orang
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...