Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nunukan

Peringati HUT ke 76 RI, TNI AL Akan Gelar Upacara di Karang Unarang

NUNUKAN – TNI Angkatan Laut Nunukan Kalimantan Utara mengagendakan peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-76 tahun Republik Indonesia di perairan Karang Unarang.

Karang Unarang adalah nama sebuah karang di Laut Sulawesi yang berjarak sekitar 9 mil di sebelah tenggara Pulau Sebatik yang merupakan perbatasan RI – Malaysia.

Di wilayah ini, Indonesia mendirikan mercu suar dengan pondasi kontruksi berukuran 5 X 5 meter, dengan ketinggian 17 meter dan sinar yang mampu diawasi dari jarak 10 mil.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (LANAL) Nunukan Letkol. Laut. (P) Nonot Eko Febrianto mengatakan, konsep peringatan HUT ke-76 tahun RI di Karang Unarang diinisiasi oleh Danlantamal XIII Tarakan.

Menurutnya perayaan detik-detik proklamasi di Karang Unarang bertujuan untuk meneguhkan bahwa wilayah tersebut merupakan tapal batas Negara Indonesia dengan Malaysia.

‘’Daerah tersebut merupakan tempat strategis yang harus dijaga bersama oleh seluruh komponen bangsa bukan hanya TNI,’’ ujarnya, Kamis (12/8/2021).

Perayaan akan dibuat meriah, LANAL bersama LANTAMAL XIII Tarakan akan menggandeng instansi kemaritiman, Bea Cukai, Imigrasi, Pol Air, bahkan melibatkan 50 kapal nelayan.

Untuk lebih menyemarakkan perayaan kemerdekaan RI tahun ini, kapal-kapal nelayan akan dihias sedemikian rupa guna menunjukkan sebuah semangat NKRI di tapal batas.

‘’Akan ada dua KRI yang menjadi sentral perayaan, dan Gubernur Kaltara akan menjadi Inspektur Upacara,’’ katanya. (Dzulviqor)

 5,123 dibaca,  6 dibaca hari ini

Baca Juga:  Pemilihan RT Dibatasi Usia 70 Tahun, Wilayah ini Baru Gelar Pemilihan RT Setelah 32 Tahun
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...