Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nunukan

Nelayan Resah,  DPRD Nunukan Minta Pemerintah Tegas Sikapi Penyelundupan Kayu Nibung.

NUNUKAN – DPRD Nunukan, mempertanyakan sikap Pemkab soal massifnya penyelundupan kayu nabung, dari Pulau Sebatik ke negara jiran Malaysia.

Aktivitas ilegal dimaksud sangat merugikan nelayan bagan, karena kayu nibung mengalami kelangkaan.

Sehingga nelayan mengalami kesulitan untuk membenahi bagan milik mereka yang rusak.

Akibatnya,  hasil tangkapan komoditi unggulan seperti ikan teri ambalat berkurang dan mengalami penurunan harga yang signifikan.

‘’Kita harus memahami nibung adalah salah satu Sumbae Daya Alam (SDA) yang diperbaharui. Artinya ketika kita ambil terus, akan ada kelangkaan, itu catatan penting,’’ ujar Wakil Ketua DPRD Nunukan Burhanuddin, Senin (31/1/2022).

Menurut Burhan, keberadaan SDA seperti kayu nibung ini, seharusnya dimanfaatkan dan digunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran masyarakat kita.

‘’Yang jadi permasalahan, adalah ketika kemudian nibung dibawa keluar secara illegal, memang butuh ada tindakan tegas dari pemerintah, kemudian memblok semua nibung nibung yang mau keluar ke Malaysia,’’ tegasnya.

Dampak lain yang sangat memberatkan masyarakat akibat banyaknya kayu nibung yang diselundupkan ke Malaysia adalah harga kayu nibung dipasaran menjadi tinggi.

“Harga kayu nibung, saat ini dibanderol dengan patokan harga Ringgit Malaysia akibat dugaan masifnya penyelundupan kayu nibung ke Malaysia,” imbuhnya.

Oleh karenanya, solusi terbaik mengatasi persoalan ini adalah tindakan tegas dari Pemerintah.

‘’Perlu perhatian khusus juga, apalagi kondisi pengambilan nibung sudah sangat jauh,’’ tegas Burhan.

Hal senada juga disampaikan oleh Andre Pratama, anggota DPRD Nunukan dari daerah pemilihan dua Pulau Sebatik.

Andre bahkan meminta aparat berwenang dapat menindak tegas pelaku ilegal yang membawa kayu nibung ke Indera Sabah Malaysia melewati perairan Indonesia.  (Dzulviqor)

 953 dibaca,  3 dibaca hari ini

Baca Juga:  Begini Tanggapan DP3A Terhadap Sejumlah Kasus Asusila dan Perundungan Terhadap Anak di Nunukan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...