Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hukum

Menipu Menggunakan Uang Mainan Pria Pengangguran Ini Dibekuk Polisi

NUNUKAN – Unit Reskrim Polres Nunukan membekuk seorang pria berinisial HR (33) karena dilaporkan sebagai pelaku penipuan dengan uang mainan pada 23 September 2021.

Kasubag Humas Polres Nunukan IPTU. Khoirul Anam mengungkapkan, pelaku diamankan di Jalan Lingkar Nunukan Selatan setelah sempat terjadi kejar-kejaran dengan aparat Polisi.

‘’Akhirnya kami berhasil amankan dia setelah melakukan pengejaran dengan sepeda motor,’’ ujarnya, Senin ,27/9/2021.

Khoirul mengatakan uang mainan yang digunakan oleh pelaku dia beli dari situs jual beli online Lazada.

Dalam aksinya, pengangguran asal Bone Sulawesi Selatan ini mengelabui dua agen BRI Link dengan modus mentransfer uang ke rekening pribadi miliknya.

“Di konter HP Fisha Celluler dia berhasil menipu sebesar Rp 500.000,- dan di konter HP Bismillah dia berhasil menipu Rp. 1.500.000,” jelas Khoirul.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya Polisi menahan dan menjerat pelaku dengan Pasal 245 KUHP dan Pasal 34 UU RI nomor 7 tahun 2011, tentang Mata Uang Republik Indonesia.

‘’Ancamannya hukuman paling lama 1 tahun penjara dan pidana denda paling banyak Rp.200 juta,’’ lanjutnya.

Dengan munculnya kasus ini, Khoirul mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi jual beli.

Menurutnya teori 3D untuk menguji keaslian uang harus diterapkan yakni, Dilihat, Diraba dan Diterawang.

Selain itu, masyarakat juga harus menjaga dan merawat uang rupiah.

“Itu bentuk penghormatan terhadap salah satu simbol kedaulatan negara, kehati-hatian dan kejelian kita adalah upaya menjaga kelestarian uang Rupiah,’’ katanya. (Dzulviqor)

 4,558 dibaca,  6 dibaca hari ini

Baca Juga:  Temukan Tas Berisi Uang Rp 10 Juta dan Dihabiskan Untuk Judi Online, Seorang Pekerja Rumput Laut Diamankan Polisi
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...