Connect with us

Hi, what are you looking for?

Politik

KPU Nunukan Akan Evaluasi 7000 DPT Dalam Pendataan Berkelanjutan

Pemilu Serentak 2024

NUNUKAN – Pasca launching tahapan Pemilu 2024 pada 14 Juni 2022 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan, melakukan pendataan berkelanjutan.

Ketua KPU Nunukan, Rahman, S.P., mengatakan terdapat sekitar 7.000 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan dievaluasi dan dipertimbangkan untuk dilakukan penghapusan data.

‘’Data DPT sebelumnya tercatat 117.330. Dari jumlah tersebut, ada sekitar tujuh ribu data yang butuh evaluasi,’’ ujarnya, Jumat (17/6).

Menurut Rahman, ada berbagai alasan yang menyebabkan ribuan DPT tersebut perlu dievaluasi.

Diantaranya adalah, kasus kematian, data DPT ganda, data yang tidak sesuai, serta pemilih yang sebelumnya masuk kategori TMS (tidak memenuhi syarat) karena belum melakukan perekaman e-KTP.

“Data capil dan sensus BPS ada sebanyak 641 angka kematian, data ganda dengan kabupaten lain sekitar 1.300, lalu sekitar 1.550 data yang tidak padan, dan 3.081 orang yang sebelumnya dimasukkan dalam kategori TMS,” urainya.

Meski demikian, Rahman menegaskan, masuknya DPT dalam kategori TMS, tidak berarti menghilangkan hak pilih.

‘’Lebih kepada edukasi tertib administrasi dan nama mereka kembali masuk DPT setelah melakukan perekaman,’’ kata Rahman (Dzulviqor)

 395 dibaca,  3 dibaca hari ini

Baca Juga:  Jumlah Penduduk Bertambah, Parlemen Nunukan Berpotensi Menjadi 30 Kursi
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...