Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nunukan

Kaum Muda Kabudaya, Gelar Kongres Ikatan Intelektual Dayak Agabag ke I

NUNUKAN – Sejumlah pemikir muda yang terhimpun dalam etnis Dayak Agabag menggelar Kongres Ikatan Intelektual Dayak Agabag I (IIDA Pertama) di Desa Kunyit, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (27/7) kemarin.

Kongres tersebut merupakan rekomendasi Dewan Adat Dayak Agabag, pada saat pagelaran ILAU Dayak Agabag IX di Kecamatan Lumbis Ogong beberapa waktu lalu.

Ketua Panitia Kongres, Jukili, A.Md. Kep, menuturkan, IIDA akan menjadi sebuah wadah untuk menuangkan berbagai gagasan dalam kemajuan peradaban dayak Agabag.

“Para intelektual Dayak Agabag menyadari tantangan yang dihadapi ke depan semakin ketat oleh karena itu dipandang perlu ada wadah untuk berkumpul menyatukan visi, menyatukan kekuatan dan bersepakat bagaimana masyarakat adat dapat berperan dalam kemajuan peradaban,” Ujar Jukili, Kamis (28/7).

Pria yang akrab disapa Mr. Joe itu menjelaskan, dalam kongres IIDA I ini para intelektual bermusyawarah untuk memilih pengurus yang akan menjalankan roda organisasi.

“Pengurus terpilih nanti akan bekerjasama dengan dewan Adat Dayak Agabag dalam menghadapi era globalisasi dan menyambut IKN di Kalimantan,” terangnya.

Adapun hasil kongres IIDA I ini menetapkan, Alson, S. Sos, M. Si dan Darboy, S.P., sebagai Ketua dan wakil IIDA.

“Pelantikan akan dilakukan hari ini, Kamis (28/7) oleh Dewan Adat Dayak Agabag Robert Atim , S. Pdk,” pungkasnya. (Hadi Trisno Nugroho)

 1,229 dibaca,  3 dibaca hari ini

Baca Juga:  Satgas Yonarhanud 16/SBC/3 Kostrad Ringkus 5 Orang Diduga Pengedar Narkoba Jaringan Tarakan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...