Connect with us

Hi, what are you looking for?

Covid -19

Kasus Konfirmasi Covid-19 di Nunukan Bertambah 30 Kasus, Puskesmas Nunukan Tutup Sementara

Ilustrasi ; pemeriksaan rapid tes bagi penumpang di pelabuhan Tunon Taka oleh KKP

NUNUKAN – Penularan wabah covid-19 masih terus terjadi di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Nunukan mencatatkan ada 30 kasus baru, per hari ini, Minggu 18/04/2021.

‘’Semuanya adalah kasus penularan dari kontak erat. Saat ini kita merawat 85 pasien,’’ ujar Juru bicara Satgas Covid-19 Nunukan, Aris Suyono.

Penambahan ini menjadikan kasus konfirmasi positif di Nunukan mencapai 1314 dari sebelumnya 1284 kasus.

Kasus baru ini didominasi oleh tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Nunukan Kota, sekaligus menjadi kluster baru penyebaran Covid-19 di Nunukan.

Penularan Covid-19 terhadap sejumlah nakes di Puskesmas Nunukan Kota diduga akibat terpapar dari salah satu keluarga yang meninggal dunia minggu lalu.

Pasien meninggal dunia tersebut diketahui memiliki kerabat yang bekerja di Puskesmas.

‘’Waktu itu anak almarhum kita rapid antigen dan statusnya reaktif. Kemudian kita lakukan tracing pada 46 pekerja di Puskesmas, hasilnya 13 orang positif Covid-19. Sebanyak 10 orang adalah nakes dan 3 non nakes, ada supir ambulans, satpam dan bagian tata usaha,’’ urainya.

Puskesmas Nunukan Kota mengeluarkan kebijakan penutupan pelayanan sementara waktu, sampai para nakes menyelesaikan isolasi mandiri atau dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Kepala Puskesmas Nunukan Kota, dr.Ika Bihandayani mengatakan, penutupan layanan sementara dilakukan untuk langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

‘’Penutupan sementara pelayanan Puskesmas Nunukan Kota, dimulai pada 17 sampai 22 April 2021. Kita mengimbau masyarakat Nunukan, kalau sakitnya masih bisa diatasi di rumah sebaiknya tidak perlu ke Puskesmas. Jangan sampai kita berniat mengobati justru kita yang menularkan. Harap maklum, ini demi kebaikan bersama,’’ ujarnya.

Ika berharap para nakes juga mematuhi protokol kesehatan yang ketat. (Dzulviqor)

 5,185 dibaca,  6 dibaca hari ini

Baca Juga:  187 WNI Batal Dideportasi dari Malaysia, Mengapa?
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...