Connect with us

Hi, what are you looking for?

Politik

Jadi Anggota Panwascam, PNS Harus Mundur dari Jabatan Pemerintahan dan Dapat Izin Atasan Langsung

Siaga Pengawasan Pemilu 2024

NUNUKAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Nunukan, mengimbau agar calon pendaftar Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar mundur dari jabatan pemerintahan.

Imbauan ini dilakukan mengingat banyaknya pendaftar Panwascam dari kalangan PNS di wilayah Kabupaten Nunukan.

Ketua Bawaslu Nunukan Moch. Yusran menjelaskan keharusan mundur tersebut diatur dalam pasal 117 Ayat (1) huruf j Undang-undang 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang mengatur persyaratan menjadi calon anggota Panwaslu Kecamatan berbunyi “mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau di badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah pada saat mendaftar sebagai calon,” jelas Yusran yang juga Ketua Pokja Pembentukan Panwascam, Senin (26/9).

Lebih jauh Yusran menjelaskan, bahwa pengunduran diri tersebut dibuktikan dengan surat pernyataan dari calon saat mendaftar dan surat keputusan pemberhentian yang bersangkutan dari pejabat yang berwenang.

“Dalam Surat Keputusan Ketua Bawaslu RI nomor SK 314/HK.01.00/K1/09/2022 tentang Pedoman Pembentukan Panwaslu Kecamatan menjelaskan pengunduran diri baru dilakukan saat yang bersangkutan terpilih. Namun sebelumnya setiap pendaftar harus membuat surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri,” imbuhnya.

Tak hanya itu, dalam SK 314/HK.01.00/K1/09/2022 tersebut juga menjelaskan bahwa bagi PNS yang memiliki maupun tidak memiliki jabatan di pemerintahan diharuskan izin dengan atasan langsung tempat instansi ia berdinas.

Hal ini agar PNS dimaksud clear sepengetahuan atasannya sehingga tidak ada masalah saat jalankan tugas sebagai anggota Panwascam yang bisa saja dibutuhkan saat jam dinas yang bersangkutan ditempat ia bekerja.

“Jadi nanti teknisnya izin atasan harus tertulis sesuai format yang kami siapkan dan sudah disertakan dalam berkas pendaftar. Misalkan PNS tersebut kerja di kelurahan maka harus ada izin tertulis dari Lurah,” jelasnya.

Baca Juga:  Tes Tulis Panwascam Secara Online, Simak Jadwal, Tempat dan Tatib Pelaksanaannya

Sebagai informasi tambahan, hingga hari kelima rekrutmen Panwascam ini, Bawaslu Nunukan mencatat jumlah sementara pendaftar sebanyak 92 orang.

“Dari angka itu, 16 diantaranya merupakan ASN dari berbagai instansi yang terdiri 8 PNS dan 8 PPPK,” kata Yusran. (Hadi Trisno Nugroho)

 1,693 dibaca,  7 dibaca hari ini

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...