Connect with us

Hi, what are you looking for?

Covid -19

Hasil RT PCR 3 Deportan Positif Covid-19, KKP Akan kirim Sample ke Balitbangkes Untuk Deteksi Dini Omicron

COVID-19

NUNUKAN – Hasil Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) terhadap 229 deportan dari Malaysia ke Nunukan, menyatakan tiga orang positif terkonfirmasi COVID-19.

Menyikapi itu, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Tunon Taka Nunukan mengirimkan sample tiga orang yang positif tersebut, ke Balitbangkes untuk pemeriksaan Whole Genome Sequencing, (WGS) yang mendeteksi varian virus korona.

‘’Upaya ini sebagai bentuk kehati-hatian petugas Kesehatan di pintu masuk perbatasan RI – Malaysia,” ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tunon Taka, dr.Bahrullah, pada Minggu (12/12/2021), kemarin.

Kewaspadaan tersebut, mengingat virus varian baru Omicron yang berasal dari Afrika disinyalir sudah masuk ke Malaysia.

‘’Tentu saja upaya antisipasi itu sangat dibutuhkan,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Nunukan, AKBP F. Jaya Ginting mengatakan, 3 PMI yang terindikasi positif COVID-19 tersebut telah diobservasi di gedung penampungan sementara.

Mereka ditempatkan terpisah dengan para PMI lain.

‘’Kita sudah berkoordinasi dengan Kepala Laboratorium RSUD Nunukan, dr. Hera, apakah mereka OTG, atau mereka harus diisolasi dan ditempatkan di bangsal COVID-19 RSUD Nunukan,’’ katanya.

Sebagai informasi, para deportan akan menjalani karantina selama 10 hari dan baru akan dipulangkan setelah semuanya mengantongi hasil swab negative. (Dzulviqor)

 830 dibaca,  3 dibaca hari ini

Baca Juga:  Varian Delta Ditemukan di Kaltara, Masyarakat Diimbau Tidak Panik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...