Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nunukan

Gelar Media Gathering Bersama Jurnalis Kaltara, JOB Pertamina Medco E&P Simenggaris Ajak Tangkal Hoaks

NUNUKAN – Sebagai wujud sinergitas antara korporasi dan insan pers, JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris gelar media gathering bersama awak media di Kalimantan Utara secara daring pada 11 – 12 November 2021.

Acara tersebut juga menghadirkan narasumber dari kalangan jurnalis yakni, Hendro Dwijo Laksono dari Beritajatim.com dan Becky Subecky, fotografer senior Harian Pagi Jawa Pos.

Dalam paparannya, General Affairs Manager JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris, Dwi Maryati, menegaskan peran penting media dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Namun demikian, terdapat sejumlah tantangan yang harus disikapi dengan bijak, agar publik dapat mengkonsumsi pemberitaan yang akurat dan terpecaya.

Sebagai contoh di era media sosial seperti saat ini, semua orang bisa jadi wartawan, dan dapat dengan cepat mewartakan sebuah informasi.

‘’Kemajuan teknologi membuat dunia tanpa sekat dan tanpa jarak, situasi ini membuat kegiatan korporasi tidak lagi bisa ditutupi. Di sinilah dukungan pers sangat penting untuk kelancaran operasional korporasi,’’ ujarnya, Jumat (12/11/2021).

Tak dapat dipungkiri, sejak era reformasi pertumbuhan media di tanah air juga berkembang pesat, bahkan kurang terkontrol.

Merujuk data, ada sekitar 48 ribu media online di Indonesia.

Oleh karenanya, dunia korporasi khususnya industri Minyak Bumi dan Gas (Migas) berisiko terpapar informasi hoaks atau ujaran kebencian, yang dapat menimbulkan kesalahpahaman di masyarakat.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menangkal penyebaran informasi hoaks dimaksud adalah dengan mendekatkan hubungan emosional antara industri migas dengan pers, agar dapat memberikan informasi yang benar dan akurat bagi masyarakat.
.
Maryati melanjutkan, saat ini pihaknya tengah menggarap proyek The First Mini LNG Plant di Indonesia, di mana JOB Simenggaris menargetkan produksi gas sebesar 22 MMSCFD.

Baca Juga:  Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonarhanud 16/SBC , Latih 7 Pemuda Nunukan yang Berniat Menjadi TNI

‘’Mohon dukungan teman-teman pers semua untuk kesuksesan proyek The First Mini LNG di Indonesia ini,’’ harapnya.

Sementara itu, narasumber Hendro Dwijo Laksono dari Beritajatim.com mengulas perkembangan tekhnologi internet dalam 10 tahun terakhir ini.

Menurut Hendro, hampir semua riset menunjukkan perkembangan teknologi internet bergerak berbanding lurus dengan jumlah penggunanya.

Di tengah fenomena ini, muncul gagasan jurnalisme multimedia yang bisa diterapkan oleh siapapun, baik korporat, pemerintahan, LSM, bahkan personal blog yang memiliki karakter berbeda jika disandingkan dengan media sosial dan portal media jurnalistik.

‘’Portal berita memiliki kepatuhan pada Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, sementara media sosial larinya ke Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik,” kata Hendro.

Sementara Becky menyampaikan, ada tantangan bagi media massa daring untuk peliputan dalam bentuk foto sebagai bagian dari multimedia.

Tentunya, sebuah foto karya jurnalistik berbeda dengan foto salon atau jenis foto lain.

‘’Foto jurnalistik yang diutamakan adalah, apa sih konten yang ingin disampaikan dalam foto,” katanya.

Tak hanya berbentuk materi jurnalistik, acara media gathering juga dikemas dalam bentuk virtual team building.

Sesi ini mengikut sertakan para tim humas JOB Simenggaris. Antara Jurnalis dan Humas mengikuti game untuk menguji kekompakan dan mengakrabkan satu sama lain. (Dzulviqor)

 711 dibaca,  4 dibaca hari ini

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...