Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hukum

Dua Warga Nunukan Dibekuk Polisi Diduga Hendak Menyelundupkan CPMI ke Malaysia

NUNUKAN – Kepolisian Resor Nunukan, menggagalkan upaya penyelundupan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI), dari hasil pengungkapan, dua orang diduga sebagai pengurus ditangkap.

Kasi Humas Polres Nunukan, IPTU. Siswati, mengatakan, kedua pelaku berinisial HE (46) dan AK (43) diringkus diwaktu dan lokasi yang berbeda.

“HE diamankan di dermaga tradisional Aji Putri, Nunukan. Sementara AK, diamankan di Dermaga Desa Bambangan, Pulau Sebatik,” ujarnya Senin (28/11).

Siswati menjelaskan, kedua pelaku akan menyeberangkan satu keluarga yang terdiri dari tiga orang dewasa dan dua anak-anak ke Malaysia secara ilegal.

‘’Kedua pelaku dengan sengaja memberangkatkan orang ke Malaysia untuk bekerja, tanpa melalui pemeriksaan imigrasi, dan tanpa dilengkapi dokumen yang sah untuk menjadi PMI, guna mendapatkan keuntungan,’ ’imbuhnya.

Belum ada penjelasan, berapa jumlah uang yang harus dibayar para PMI tersebut demi bisa menyeberang ke Malaysia, ataupun berapa nominal keuntungan yang diperoleh kedua pelaku.

‘’Kedua pengurus kami bawa ke Mapolres Nunukan untuk pendalaman kasus,’’ lanjut Siswati.

Bersama keduanya, diamankan barang bukti, antara lain, surat cuti yang dikeluarkan oleh perusahaan Malaysia, serta 1 unit handphone Realme warna ungu.

Kedua pelaku, terancam Pasal 120 ayat (1) dan ayat (2) UURI Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, Subsider pasal 81 Jo pasal 69 UURI Nomor 18 tahun 2017 tentang perlindungan pekerja migran Indonesia. (Dzulviqor)

 2,952 dibaca,  6 dibaca hari ini

Baca Juga:  Miris, Bocah 13 Tahun Nekat Curi Sepeda Motor, Alasannya Agar Tidak Berjalan Kaki Pergi ke Sekolah
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...