Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hukum

Dua Oknum Polisi Nunukan Terlibat Narkoba Divonis 7 Tahun 6 Bulan

NUNUKAN – Dua oknum anggota Polisi di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, Brigadir Polisi Eko Bagus Prasetyo (32) dan Briptu Edwin Walfaizun Nasution (26) divonis 7 tahun 6 bulan dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Nunukan, Selasa (10/8/2021).

Kedua Terdakwa yang bertugas di Polsek Lumbis ini terlibat perkara pidana narkotika golongan I jenis sabu-sabu seberat 46,41 gram.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ricky Rangkuti mengatakan, vonis yang dijatuhkan majelis hakim PN Nunukan yang diketuai Herdiyanto Sutantyo dan hakim anggota Daniel Beliza serta Ayub Diharja jauh lebih ringan dari tuntutan JPU.

‘’JPU menuntut terdakwa dijatuhi hukuman 9 tahun subsider Rp 1 Miliar, jika tidak membayar diganti kurungan penjara 6 bulan. Majelis Hakim menjatuhkan putusan 7 tahun 6 tahun subsider denda Rp 1 miliar atau pengganti 2 bulan kurungan,’’ ujarnya dihubungi, Jumat (13/8/2021).

Ricky mengatakan, tuntutan yang dilayangkan dalam sidang memang bukan pasal maksimal.

Kedua terdakwa dituntut dengan pasal 114 dan 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Hal tersebut menimbang sejumlah hal, antara lain ;
1. Kedua Terdakwa bukan tokoh utama dalam peredaran sabu-sabu ini, dan sudah menerima konsekuensi pemecatan dari instansi mereka.
2. Tokoh utama dalam perkara ini adalah Gultom yang saat ini masih berstatus DPO.
3. Barang narkoba juga bukan berada di kedua orang tersebut, melainkan berada di tangan Dessy Risandi.

‘’Keterlibatan kedua Terdakwa hanya sebatas membantu agar peredaran barang tersebut berjalan lancar,’’ jelasnya.

Ricky menambahkan, Jaksa masih belum mengambil langkah lanjutan atas putusan yang dijatuhkan Majelis Hakim PN Nunukan.

‘’Kami sudah laporkan hasil persidangan ke pimpinan, kami masih menunggu apakah ini akan banding atau tidak,’’ kata Ricky. (Dzulviqor)

 8,182 dibaca,  3 dibaca hari ini

Baca Juga:  Nasib Oknum Anggota DPRD Pemilik 2 Kg Sabu di Kaltara Menunggu SK DPP Demokrat
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...