Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nunukan

Divonis 4 Bulan Penjara, Wanita Ini Bawa Anak Balitanya ke Lapas Nunukan

NUNUKAN – Seorang ibu bernama Rochisotin Masyawaroh Binti Samsul, narapidana kasus penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) membawa serta anaknya yang berusia 1,3 tahun ke lembaga pemasyarakatan kelas II B Nunukan, untuk menjalani masa hukuman.

Rochisatin, dinyatakan bersalah melakukan pidana dengan melanggar Pasal 81 Jo. Pasal 69 Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Jo. Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHPidana.

Akibat perbuatannya, Hakim Pengadilan Negeri Nunukan, menjatuhkan 4 bulan pidana kurungan, dengan denda Rp 5 juta, subsider 1 bulan penjara.

‘’Ibu tersebut, menjadi tahanan lapas Nunukan sejak lima hari lalu, anaknya dibawa serta agar tetap dapat dirawat olehnya,’’ ujar Kalapas Nunukan, I Wayan Nurasta Wibawa, Rabu (24/8).

Wayan mengatakan, selama belum berusia dua tahun, keberadaan balita dalam lapas dapat diperkenankan.

Menurutnya, ada aturan tertentu, dimana Negara akan melakukan perawatan dan pendampingan khusus bagi balita yang diasuh di dalam lapas oleh orang tuanya yang terjerat perbuatan pidana.

Selain itu, negara juga menjamin pemenuhan gizi dan kebutuhan susu si bayi.

‘’Pada kasus ini, WBP dan keluarga memutuskan untuk membawa anaknya, ya kita terima sesuai ketentuan,’’ jelas Wayan.

Wayan menegaskan, lapas memberikan ruangan khusus bagi Balita dan ibunya, sehingga bisa menyusu dengan nyaman dan tidak terganggu dengan kebisingan dan aktivitas para napi lainnya.

Pada dasarnya, kata Wayan, bayi adalah manusia tanpa dosa sehingga kita wajib untuk menyayangi dan merawat mereka seperti anak kita sendiri.

‘’Lapas Nunukan akan memastikan seluruh kebutuhannya terpenuhi dan akan memperhatikan semua hal berkaitan si bayi,’’ tegasnya. (Dzulviqor)

 2,477 dibaca,  3 dibaca hari ini

Baca Juga:  Sebanyak 100 Pegawai Honor Satpol PP Nunukan Jalani Tes Urine Jelang Nataru, Ini Hasilnya
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...