Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hukum

Belasan Motor Dikembalikan Kepada Penyabung Ayam, Polisi : Hukuman Sosial Sudah Berpengaruh ke Mental Mereka

NUNUKAN – Kepolisian Resor Nunukan (Polres Nunukan) mengembalikan barang bukti kendaraan roda dua dalam kasus percobaan judi sabung ayam, Jumat 08/10/2021.

Kasat Lantas Polres Nunukan, AKP. Arofiek Aprilian Riswanto, mengatakan ada lima belas unit kendaraan roda dua yang dikembalikan kepada pemiliknya, setelah sempat ditahan di Mapolres Nunukan selama kurang lebih enam bulan.

‘’Semuanya adalah barang bukti kasus percobaan perjudian yang kita amankan saat hari pertama Idul Fitri 2021,’’ ujarnya.

Arofiek menjelaskan, kasus perjudian merupakan kasus pidana yang seharusnya menjadi kewenangan unit Kriminal, namun karena berkaitan dengan sekian banyak kendaraan sebagai barang bukti kasus, maka bagian Polantas mengidentifikasi mana kendaraan yang bisa dikembalikan atau yang tidak.

‘’Jumlah total barang bukti ada sekitar 25 kendaraan roda dua. Namun 10 kendaraan ternyata tidak memiliki kelengkapan dokumen alias bodong, sehingga hanya 15 unit yang kami kembalikan kepada pemiliknya,’’ imbuhnya.

Saat pengembalian, pemilik kendaraan hanya diam dan mengaku menyesal atas kesalahan mereka.

Bahkan beberapa diantaranya mengaku sangat malu dan terpukul karena motor yang diamankan tersebut merupakan motor pinjaman.

‘’Kena dia mentalnya, jadi memang mereka tidak ditahan karena belum melakukan perjudian, tapi pemilik motor sudah pasti marah-marah dan mengatakan pada orang lain agar jangan pernah meminjamkan motornya karena hanya digunakan untuk judi. Itu beberapa pengakuan dari pemilik motor,’’ kata Arofiek.

Dalam kesempatan tersebut Polisi juga mengundang rohaniawan untuk memberikan nasehat bagi para pemilik kendaraan.

‘’Agar mereka sadar dan tidak mengulangi perbuatan yang mempermalukan diri sendiri,’’ tutupnya.

Dketahui, pengembalian barang bukti ini disaksikan oleh seluruh satuan di Polres Nunukan, diantaranya ;

1. Satuan Resor Kriminal (Satreskrim),
2. Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas),
3. Satuan Samapta Bhayangkara (Sabhara),
4. Bagian Satuan Profesi dan Pengamanan (Propam). (Dzulviqor)

 995 dibaca,  3 dibaca hari ini

Baca Juga:  Lagi...Satgas Pamtas Yonarhanud 16/SBC Amankan Kayu Ilegal Saat Patroli Patok Batas
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...

Ekonomi

NUNUKAN – Puluhan tenaga honor di sejumlah instansi Pemerintah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara mempertanyakan alasan pemberhentian mereka, dalam agenda hearing yang dilakukan di ruang...