Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hukum

Anak 13 Tahun Diamankan Akibat Mencuri Rp 50 juta, Uangnya Ada yang Dinikmati Oknum PNS

NUNUKAN – Personel Polres Nunukan menangkap seorang anak berusia 13 tahun berinisial B, terkait kasus pencurian uang senilai lima puluh juta rupiah, yang dilakukan di warung simpang tiga, Jalan Arief Rahman Hakim Nunukan Timur, dan Toko Uchi di Pasar Sentral Inhutani, Nunukan Utara.

‘’Diamankan di sebuah rumah di Jalan Tanjung Nunukan Barat, dia mengakui telah mencuri dari warung simpang tiga barang bukti Rp. 45 juta, dan di Toko Uchi senilai Rp. 5 juta’’ ujar IPTU. Supriadi, Kabid Humas Polres Nunukan, Senin (13/6/).

Dia menjelaskan, pelaku merupakan pencuri kambuhan yang sudah melakukan aksinya sebanyak puluhan kali.

‘’Perlu dicatat, dia masih anak-anak dan sudah pernah kami upayakan proses diversi dalam perkara curat dengan penetapan dari PN Nunukan dengan surat penetapan nomor 6/Pen.Div/2021.PN Nnk, tanggal 13 Desember 2021,’’ jelasnya.

Ada oknum PNS ikut menikmati uang curian

Dari hasil penyelidikan Polisi, pelaku telah membelanjakan uang hasil curiannya untuk membeli handphone seharga Rp. 1,5 juta, serta pakaian senilai Rp.300.000.

Selain itu, ada oknum ASN di lingkungan Pemkab Nunukan yang diduga turut mendapat bagian dari kejahatan yang dilakukan oleh pelaku.

‘’Ia juga memberikan uang tersebut ke BAS sebesar Rp 2,7 juta. BAS merupakan oknum PNS di lingkungan Pemkab Nunukan,’’ kata Supriadi.

Sisa uang hasil mencuri senilai, Rp. 39.385.000, disimpan dalam kantong kresek lalu dititipkan kepada seorang dewasa lain berinisial DI.

‘’Keduanya juga mengetahui uang yang diberikan serta uang titipan tersebut, merupakan hasil mencuri,’’ katanya.

Kedua orang tersebut, terancam Pasal 363 ayat (1) ke 3e dan ke 5e dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara, dan Pasal 480 ke 1e dan ke 2e, ancaman maksimal 4 tahun penjara. (Dzulviqor)

 7,278 dibaca,  3 dibaca hari ini

Baca Juga:  Eks Bendahara RSUD Nunukan Jaminkan 4 Sertifikat Tanah Untuk Pengembalian BLUD Rp . 2,1 Miliar
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...