Connect with us

Hi, what are you looking for?

Politik

Polemik Sebakis, Dapil Dengan 3 TPS di Pulau Terpencil yang Masuk Dapil 1 Nunukan Barat

Pemilu Serentak 2024

NUNUKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan menyatakan daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Nunukan tidak mengalami perubahan pada Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Seperti diketahui, jumlah dapil di Kabupaten Nunukan terbagi dalam tiga wilayah, yakni ;

– Dapil 1 terdiri dari Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan dengan jatah 11 kursi.

– Dapil 2, terdiri dari 5 Kecamatan di Pulau Sebatik, dengan jatah 6 kursi.

– Dan Dapil 3, terdiri dari Kecamatan Seimanggaris, Sebuku, Sembakung, Tulin Onsoi, Lumbis hingga Kecamatan Krayan, dengan jatah 8 kursi.

‘’ Saat ini, Kabupaten Nunukan sebagaimana data Disdukcapil, dihuni oleh sekitar 194.000 penduduk,’ ’ ujar Ketua KPU Nunukan, Rahman, Jumat (17/6).

Kendati demikian, ada wilayah yang menjadi sorotan terkait penentuan dapil, yaitu Sebakis yang secara administrasi masuk dalam wilayah kelurahan Nunukan Barat.

Padahal, daerah tersebut letaknya sangat dekat dengan Kecamatan Seimanggaris dibandingkan pulau Nunukan.

‘’Memang itu menjadi sebuah polemik sampai hari ini. Tapi itu alasannya hanya Pemda yang bisa menjelaskan, apa saja pertimbangannya, kenapa masuk Dapil 1, sementara jaraknya cukup jauh, pulau yang terpisah dan lebih dekat dengan Dapil 3,’’ sebutnya.

Dia menuturkan, butuh kajian dan persiapan jika ingin memisahkan Sebakis dari Dapil 1 Nunukan.

‘’Itu butuh kajian dan persiapan. KPU Nunukan juga tidak tahu alasannya mengapa Sebakis masuk Dapil 1, dengan geografis demikian, dan kalau gak salah cuman ada tiga TPS disana,’’ kata Rahman. (Dzulviqor

 489 dibaca,  3 dibaca hari ini

Baca Juga:  Bawaslu Sapa Kejaksaan Negeri Nunukan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...