Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekonomi

Pertamina Jamin Ketersediaan LPG Untuk Krayan di Tengah Kondisi Lockdown Malaysia

LPG ukuran 12 Kg yang didiistribusi ke Krayan.

NUNUKAN – PT. Pertamina Persero melalui Sales Branch Manager Rayon V Kaltim dan Utara, Azri Ramadan Tambunan, menjamin kecukupan pasokan Liquified Petroleum Gas (LPG) ukuran 12 Kilogram untuk daerah Krayan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

‘’Pertamina sudah melakukan distribusi LPG 12 Kg ke Krayan sejak 15 Maret 2021. Sampai hari ini kita sudah distribusikan sekitar 1.384 tabung. Kita rencanakan dua kali flight sehari dengan memperhitungkan kondisi cuaca,’’ ujarnya, Jumat (21/05/).

Kebutuhan bahan pokok di Krayan sangat bergantung dengan negara jiran Malaysia, termasuk LPG untuk memasak.

Azri menuturkan  langkah ini adalah upaya Pertamina mengatasi kesulitan warga mendapatkan LPG akibat kebijakan mengunci kawasan (lockdown) yang diberlakukan pemerintah kerajaan Malaysia.

‘’Harga LPG Pertamina untuk tabung dan isi hanya Rp.600.000 dan isi ulang Rp. 190.000, ini tentu jauh lebih murah dari harga LPG Malaysia saat ini, data yang kami dapat untuk refilnya saja sekitar Rp. 1,8 juta sampai Rp2 juta,’’ jelasnya.

Pertamina juga menyiapkan skema khusus untuk melayani kecukupan LPG di Krayan.

Jika selama ini distribusi ke Krayan dari Kota Tarakan menggunakan pesawat jenis Cassa, saat ini Pertamina mengirim langsung dari Kota Balikpapan dengan menggunakan pesawat jenis ATR.

‘’Jadi ini salah satu misi Pertamina juga, masyarakat perbatasan di Krayan perlahan akan beralih ke produk dalam negeri sehingga timbul kecintaan terhadap produk Indonesia,’’ imbuhnya.

Tanamkan kecintaan produk lokal.

Camat Krayan Induk, Heberly mengaku bersyukur dengan pasokan LPG yang mulai stabil tersebut.

Masyarakat merasakan Negara hadir untuk mereka, karena perlahan produk Indonesia bisa menekan keberadaan produk Malaysia yang selama ini digunakan oleh warga.

‘’Bisa dikatakan ini berkah meski pandemi covid-19 masih terjadi. Kita kesulitan mendapat LPG Malaysia karena lockdown, tapi pemerintah RI menjamin ketersediaan itu,’’ kata Heberly bersyukur.

Baca Juga:  Desa Binusan Dalam, Desa Terabaikan di Tengah Kota Nunukan

Mendatangkan LPG dengan pesawat, kata Heberly, seakan mimpi yang terwujud.

LPG merupakan salah satu barang yang dilarang diangkut pesawat. Faktanya, itu tidak berlaku untuk distribusi ke Krayan.

‘’Semoga saja masyarakat akan mencintai produk lokal dan perlahan lepas dari ketergantungan dengan produk luar negeri. Asalkan pemerintah RI memberi akses kemudahan itu, maka masyarakat perbatasan tidak akan ragu menjatuhkan pilihan dengan produk negeri sendiri,’’ katanya. (Dzulviqor)

 2,867 dibaca,  6 dibaca hari ini

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...

Ekonomi

NUNUKAN – Puluhan tenaga honor di sejumlah instansi Pemerintah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara mempertanyakan alasan pemberhentian mereka, dalam agenda hearing yang dilakukan di ruang...