Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Dinkes Nunukan Investigasi Kasus Malaria Knowlesi Yang Ditemukan Pada Pekerja Kebun dan Kerap Berinteraksi Dengan Kera Ekor Panjang

NUNUKAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, sedang menginvestigasi ditemukannya beberapa kasus malaria knowlesi, pada penderita yang beraktivitas di hutan dan disinyalir berinteraksi dengan kera jenis ekor panjang.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB, pada Dinkes Nunukan Sabaruddin, menjelaskan, gejala malaria knowlesi sama persis dengan malaria biasa. Yaitu, demam sampai menggigil, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, badan lemas, tidak nafsu makan, sakit perut dan terkadang disertai batuk.

“Pada kasus malaria knowlesi lebih disebabkan infeksi protozoa Plasmodium knowlesi. Sebuah penyakit yang menginfeksi kera jenis ekor panjang,” jelas Sabaruddin, Kamis (30/3/2023).

Lanjut dia, seseorang bisa tertular penyakit malaria ini ketika digigit nyamuk Anopheles leucosphyrus, yang baru menggigit kera ekor panjang dan terinfeksi protozoa penyebab malaria knowlesi.

‘’Sejauh ini, Dinas Kesehatan belum mendapat kepastian asal muasal penyakit tersebut. Apalagi habitat kera ekor panjang juga sangat jarang ditemukan di Kabupaten Nunukan,’’ tambahnya.

Sabaruddin menuturkan, ditemukannya kasus malaria knowlesi sangat disayangkan.

Sebab, Kabupaten Nunukan baru saja melakukan eliminasi malaria, dengan dasar tidak ditemukannya kasus penularan lokal di daerah ini.

‘’Bukan berarti tidak ada kasus malaria di Nunukan. Ada kasus, tapi penularan berasal dari pendatang, bukan penduduk asli,’’ jelasnya.

Ia juga mengimbau bagi warga Nunukan, khususnya yang memiliki mata pencaharian di hutan, agar menjauhi kera ekor panjang.

‘’Penularan malaria knowlesi akibat interaksi dengan kera ekor panjang yang terinfeksi protozoa. Sebaiknya dihindari saja untuk mencegah penularan,’ imbaunya. (Dzulviqor)

Loading

Baca Juga:  Dinkes Ingatkan Masyarakat Waspadai DBD di Musim Penghujan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Nunukan

NUNUKAN – Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Nunukan, merilis hasil investigasi kasus hilangnya uang nasabah bernama Betris, senilai kurang lebih Rp. 384 juta, Selasa,...

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar senam sehat, bertajuk ‘Bilang aja gak terhadap kejahatan perbankan’, di halaman Kantor Cabang BRI, Jalan TVRI, Nunukan...