Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hukum

Uang Arisan Dipakai Owner, Seorang IRT Member Arisan di Sebatik Lapor Polisi

NUNUKAN – Rus (35) warga kampung Bone RT. 05, Desa Liang Bunyu, Kecamatan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, ditangkap Polisi, lantaran dituduh menggelapkan uang arisan membernya.

Kasi Humas Polres Nunukan, Ipda. Zainal Yusuf, mengatakan, Rus dilaporkan oleh salah satu anggota arisannya yang keberatan dan merasa ditipu oleh pelaku.

‘’Uang arisan yang seharusnya diberikan pada member, malah digelapkan dan dipakai untuk keperluan Rus yang merupakan owner arisan,’’ jelas Zainal, Rabu (5/6/2024).

Lanjut Zainal, Rus mengelola arisan sejak Desember 2023, dengan jumlah anggota 12 orang. Sesuai kesepakatan setiap anggota akan menaruh uang senilai satu juta rupiah, dengan periode jatuh tempo tanggal 5 setiap bulan.

Dalam arisan itu, Rus mengambil dua lot, yakni lot 1 dan 5, sedangkan korban lot nomor 3.

Memasuki bulan maret 2024, korban yang seharusnya menerima uang arisan tidak diberikan oleh Rus.

Pelaku meminta izin korban, untuk mengalihkan penerima kepada member dengan lot 6.

‘’Rus beralasan, member tersebut, sedang sangat butuh uang. Permintaan itu, disetujui korban,’’ jelas Zainal.

Seiring berjalannya waktu, korban kemudian mendatangi Rus, dan menanyakan siapa nama member yang menerima uang arisan tersebut.

Karena Rus hanya diam dan terlihat bingung, korban curiga, dan memintanya untuk jujur.

‘’Dan kecurigaan korban terjawab dengan pengakuan Rus, memang dialah sebenarnya yang mengambil uang arisan tersebut,’’ kata Zainal.

Tak terima ditipu, korban kemudian melaporkan Rus ke polisi.

‘’Akibat perbutannya, Rus disangkakan Pasal 372 KUH Pidana, subsider Pasal 378 KUH Pidana,’’ tutupnya. (Dzulviqor)

Loading

Baca Juga:  Bengkokkan Jeruji Besi Pakai Kain Basah, 3 WNA Pakistan Kabur Dari Pendetensian Imigrasi
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Nunukan

NUNUKAN – Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Nunukan, merilis hasil investigasi kasus hilangnya uang nasabah bernama Betris, senilai kurang lebih Rp. 384 juta, Selasa,...

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar senam sehat, bertajuk ‘Bilang aja gak terhadap kejahatan perbankan’, di halaman Kantor Cabang BRI, Jalan TVRI, Nunukan...