Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hukum

Tiga Bulan Amankan 86 Kg Sabu Sabu Asal Malaysia, Polres Nunukan Lakukan Pemusnahan Barang Bukti Narkoba

NUNUKAN – Sebanyak 86,8 kilogram barang bukti kasus narkoba hasil pengungkapan periode Januari – Maret 2024, dimusnahkan oleh Polres Nunukan, Kalimantan Utara.

‘’Ada 11 kasus narkoba dalam 3 bulan pertama di Tahun 2024, dengan jumlah barang bukti 86.800 Gram,’’ ujarKapolres Nunukan, AKBP Taufik Nurmandya,

Taufik menegaskan, seluruh narkoba yang diamankan, berasal dari Malaysia, sehingga peredarannya tentu melibatkan jaringan internasional.

Ia menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus perang terhadap narkoba, dan menjaga perbatasan RI dari segala tindakan penyelundupan dan tindak pidana lainnya.

‘’Kita juga menjaga keberlangsungan generasi muda. Jangan sampai terus dirusak oleh masuknya narkoba,’’ kata dia.

Dia menyebut, ada dua kasus dengan barang bukti cukup besar di triwulan pertama tahun ini.

Kasus dimaksud yakni, pengungkapan 33 kilogram sabu sabu di Jalan Lingkar Pulau Nunukan pada Sabtu (10/2/2024), dengan tersangka wanita berinisial H (29) warga Dusun Datara RT 001/002 Desa Datara, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulsawesi Selatan.

Selain membawa 33 kilogram sabu sabu, IRT yang merupakan buruh kelapa sawit di Sabah, Malaysia ini juga membawa 1.243 butir pil ekstasi.

Sementara kasus tangkapan besar kedua, masih melibatkan seorang IRT berinisial NU (50) warga asal Pontianak, Kalimantan Barat.

Pengungkapan dilakukan di Jalan Simpang Kadir, Kelurahan Selisun, Nunukan Selatan, pada Selasa (19/3/2024).

“Tersangka akan membawa sabu sabu tersebut, ke Pinrang Sulawesi Selatan, menggunkan kapal resmi di Pelabuhan Tunon Taka,” jelasnya.

Adapun, pemusnahan narkoba, dilakukan bersama seluruh APH di Nunukan. Terdiri dari TNI, Bea Cukai, Kejaksaan, Pengadilan, BNNK Nunukan, juga instansi pemerintah daerah.

Cara pemusnahan, dilarutkan dalam air bersih dan dibuang ke saluran kloset.

‘’Kita terus memerintahkan tindakan tegas terhadap pelaku narkoba. Jika ada masyarakat mengetahui ada peredaran narkoba, cepat hubungi kami,’’ kata Taufik. (Dzulviqor)

Loading

Baca Juga:  Dugaan Pungli di Pelabuhan Tunon Taka, Polisi Segera Panggil Sejumlah Pihak
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Nunukan

NUNUKAN – Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Nunukan, merilis hasil investigasi kasus hilangnya uang nasabah bernama Betris, senilai kurang lebih Rp. 384 juta, Selasa,...

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar senam sehat, bertajuk ‘Bilang aja gak terhadap kejahatan perbankan’, di halaman Kantor Cabang BRI, Jalan TVRI, Nunukan...