Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nunukan

Sebanyak 7 Mesin PLN Nunukan Rusak, Picu Pemadaman Bergilir

Dua mesin PLN di Site Sei Bilal Nunukan dalam perbaikan

NUNUKAN – Kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pembangkit Listrik Negara (PLN) Nunukan Kalimantan Utara memberlakukan pemadaman bergilir sejak Minggu (19/2/2021).

Kepala ULP PLN Nunukan Bambang Heriyanto mengatakan, kerusakan terjadi pada 7 mesin PLN, sehingga upaya pemadaman terpaksa dilakukan.

‘’Kita kehilangan daya sekitar 2 mega watt, sehingga harus terjadi kondisi pemadaman bergilir,’’ujarnya, Selasa (23/2/2021).

Ada sejumlah alasan yang memicu kerusakan mesin yang berakibat pada defisit daya, diantaranya adalah mesin terlalu lama dibiarkan beroperasi tanpa jeda, sehingga mengalami panas berlebihan, dan alasan lain, karena ada kerusakan spare part pada engine.

Bambang merincikan, ada 2 mesin yang mengalami kerusakan di site Sei bilal, 2 mesin di Sebatik dan 3 unit mesin di Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Sebaung.

Saat ini, proses perbaikan sedang berlangsung, dan diharapkan teknisi bisa secepatnya memasang spare part yang menjadi sumber masalah.

‘’Kita sudah laporkan kondisi ini ke kantor cabang dan wilayah, kita juga tidak ingin kondisi begini, PLN juga merugi kalau padam seperti ini,’’katanya lagi.

Dari data PLN, beban puncak untuk pemakaian listrik di Nunukan biasanya terjadi siang hari terjadi sekitar pukul 12.00 WITA, dengan beban sekitar 9,7 MW, sementara malam hari mulai terjadi pada pukul 19.00 dengan beban 10 MW.

‘’Saat ini, PLN Nunukan masih memiliki daya mampu sekitar 8 MW dari beban puncak 10 MW, kami jadwalkan pemadaman dengan durasi 2 sampai 2,5 jam,’’tegasnya. (Dzulviqor)

 2,209 dibaca,  6 dibaca hari ini

Baca Juga:  Seorang Lansia Berstatus Probable di Nunukan Meninggal Dunia
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...

Ekonomi

NUNUKAN – Puluhan tenaga honor di sejumlah instansi Pemerintah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara mempertanyakan alasan pemberhentian mereka, dalam agenda hearing yang dilakukan di ruang...