Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pemerintahan

Nyaleg, Empat Kepala Desa di Nunukan Mengundurkan Diri

NUNUKAN – Sebanyak empat Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, mengundurkan diri dari jabatannya lantaran maju menjadi calon legislatif pada Pemilu 2024.

Kades yang mengundurkan diri dimaksud, yakni :

1. Firman Haji Latif, Kepala Desa Balansiku, Kecamatan Sebatik.

2. Mekel Chan, Kepala Desa Katul, Kecamatan Sembakung Atulai.

3. Daniel Palanungan, Kepala Desa Mambulu, Kecamatan Sembakung Atulai.

4. Donald, Kepala Desa Bulu Mengelom, Kecamatan Lumbis Ogong.

‘’Saya sudah tanyakan ke beliau beliau, apakah ini sudah dipikir masak-masak karena tidak akan bisa kembali menjabat Kades kalau tidak terpilih jadi dewan. Mereka sudah yakin, dan kita proses segera,’’ ujar Kepala Seksi Aparatur Pemerintahan dan Kelembagaan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Nunukan, Akib Makmur, Selasa (16/5/2023).

Untuk mengisi kekosongan jabatan Kades, DPMPD Nunukan telah berkoordinasi dengan Camat di wilayahnya, agar segera menunjuk PJ.

DPMPD juga melaporkan nama nama tersebut ke Kemendagri, untuk proses pergantian Kades.

‘’Surat keterangan pengunduran diri dan rekomendasi DPMPD dibawa untuk mendaftarkan diri sebagai Bacaleg di KPU,’ ’jelasnya.

Dalam proses pergantian Kades, mekanismenya akan dilakukan melalui Musyawarah Desa, melibatkan perwakilan RT masing-masing desa, bersama para tokoh masyarakat, tokoh adat, pemuda, dan tokoh agama.

Layaknya Pilkades seperti biasa, akan ada nama-nama Calon Kades yang diumumkan untuk dipilih masyarakat.

‘’Setelah keluar nama Kades terpilih, DPMPD akan melantik dan menetapkannya sebagai Kades dan kita teruskan ke Kemendagri,’’ kata Akib lagi.

Untuk diketahui, perhelatan Pilkades serentak 2023 di Kabupaten Nunukan, akan digelar 28 Agustus 2023.

Ada 14 Desa yang bakal ikut Pilkades di 2023, masing masing, 11 Desa di 5 Kecamatan yang ada di Pulau Sebatik.

Baca Juga:  Pilkades 2021 Segera Digelar di Kabupaten Nunukan, Lulusan SD Masih Berpeluang Jadi Kades

Desa Sanur di Kecamatan Tulin Onsoi, Desa Sekaduyon Taka di Kecamatan Seimanggaris, dan Desa Pa’Raye di Kecamatan Krayan Timur. (Dzulviqor)

Loading

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Nunukan

NUNUKAN – Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Nunukan, merilis hasil investigasi kasus hilangnya uang nasabah bernama Betris, senilai kurang lebih Rp. 384 juta, Selasa,...

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar senam sehat, bertajuk ‘Bilang aja gak terhadap kejahatan perbankan’, di halaman Kantor Cabang BRI, Jalan TVRI, Nunukan...