Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Murid SD Diharapkan jadi Promotor Kesehatan Gigi

NUNUKAN – Ratusan murid sekolah dasar di Kabupaten Nunukan diharapkan bisa memberikan contoh pada keluarga, untuk mengubah perilaku terhadap kesehatan gigi dan mulut di dalam keluarga mereka.

Hal itu menjadi harapan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Nunukan, dalam rangka Hari Kesehatan Gigi Nasional 2022.

Hari Kesehatan Gigi Nasional dibuka Ketua PB PDGI drg Usman Sumantri, MSc pada Senin (12/9/2022). Pembukaan kegiatan ini dilakukan dengan seremonial tanda sikat gigi, yang dimulai dengan pemukulan gong dan sirene saat kegiatan sikat gigi bersama, selama 30 detik.

Kegiatan sikat gigi bersama ini juga dilakukan di Kabupaten Nunukan, dalam waktu bersamaan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat dicerna dan diaplikasikan oleh murid di rumah bahkan mampu memberikan contoh untuk keluarga,” ujar. drg Prio Ajiandarusasi, Ketua PDGI Cabang Nunukan, Selasa (13/9/2022) melalui keterangan pers yang berharap, “ Dari kegiatan ini lahir promotor – promotor kesehatan gigi yang mampu mengubah perilaku masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut sejak dini menuju Indonesia bebas karies 2030 secara khusus di Kabupaten Nunukan”.

Ajiandarusasi mengatakan, kegiatan sikat gigi bersama ini digelar serentak seluruh Indonesia pada waktu yang bersamaan pada pukul 10.00 WITA atau pukul 09.00 WIB dan pukul 11.00 WIT, Senin (12/9/2022).

Ini sekaligus pemecahan Rekor, Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

PDGI Cabang Nunukan melaksanakan kegiatan ini di SD Negeri 003 Nunukan yang diikuti 706 murid di sekolah tersebut.

Selain sikat gigi bersama, juga dilakukan penyuluhan gigi terhadap para murid tersebut.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan derajat dan kualitas hidup masyarakat di seluruh pelosok Kabupaten Nunukan, membiasakan diri dan mengubah perilaku pola hidup bersih dan sehat melalui menyikat gigi.

Baca Juga:  Diduga Langgar Prokes, Sejumlah Tempat Hiburan dan Kafe di Sebatik Dibubarkan Aparat

Kegiatan PDGI Cabang Nunukan ini juga dihadiri, Rukaiah, mewakili Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKP2KB) Kabupaten Nunukan.

“Kegiatan yang bersifat edukatif, promotif seperti ini sangat perlu untuk anak sedini mungkin,” kata Rukaiah.

Kegiatan bertemakan Pulih Bersama Dengan Senyum Sehat ini diakhiri dengan pembagian doorprize dengan hadiah utama sebuah sepeda, oleh kepala sekolah beserta guru SD Negeri 003 Nunukan, Ketua PDGI Cabang Nunukan dan anggota serta perwakilan DKP2KB Kabupate Nunukan.

Pasca kegiatan ini, malamnya digelar sikat gigi secara daring, yang diikuti murid dari seluruh Indonesia. Setiap sekolah yang diwakili 1 orang murid melakukan sikat gigi secara mandiri di rumah, secara bersamaan. (**)

 489 dibaca,  3 dibaca hari ini

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Baru kenal sekitar sebulan lewat jejaring sosial Facebook, Cecep Bagja (28) pemuda asal kota Garut, Jawa Barat, ini mantap terbang ke Nunukan...

Hukum

NUNUKAN – Satuan Resor Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan, kembali mengungkap kepemilikan narkoba golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 3,8 kilogram, Kamis (27/05) malam. Sabu-sabu tersebut...