Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

KKP Tunon Taka Nunukan Deteksi Potensi Virus ILI Masuk Indonesia Melalui Perjalanan Luar Negeri

NUNUKAN – Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) melakukan pengawasan ketat terhadap penumpang dari luar negeri, yang masuk Indonesia, melalui Pelabuhan Internasional Tunon Taka, Nunukan, Kalimantan Utara.

‘’Kita pasang thermo scanner untuk mendeteksi suhu tubuh diatas 38 derajat. Hal ini, untuk mengantisipasi masuknya Influenza Like Ilness (ILI),’’ ujar Kepala Kantor KKP Tunon Taka, Nunukan, dr Bahrullah, Sabtu (20/4/2024).

Pengawasan itu, merujuk SE Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Nomor : HK.02.02/C/4294/2023 tentang kewaspadaan dini terhadap virus influenza dan SARS COV-2 melalui pelaksanaan surveylans sentinel Influenza Like Illness (ILI).

Sedikitnya ada 14 KKP di Nusantara, yang menjadi pintu masuk negara. Dan mewajibkan pengawasan melekat bagi kedatangan luar negeri.

‘’Surat Edaran, kami terima Maret 2024. Kita sudah lakukan rapat dengan Kementrian juga, membahas bagaimana mekanisme pengawasan, dan sistem pelaporannya. Kita juga sudah melakukan pengetatan dan skrining di pelabuhan untuk kedatangan dari luar negeri,’’ tegasnya.

Bahrullah mengatakan virus ILI, menjadi perhatian organisasi kesehatan dunia WHO, karena penyebarannya yang sangat cepat dan berpotensi terhadap keberlangsungan ekonomi sebuah Negara.

Meski mungkin tidak segawat virus Covid-19 yang memiliki tingkat kematian tinggi, virus ILI memiliki sifat penyebaran yang jauh lebih cepat, dan gejalanya mirip influenza biasa.

Dimana penderitanya akan mengalami bersin, batuk batuk, dan demam tinggi.

‘’Lebih pada pengaruh ekonomi sebuah Negara. Karena ketika virus tersebut masuk dan menyebar demikian cepat, pasien akan libur dari semua aktivitasnya. Efektifitas kerja mereka akan berpengaruh pada perputaran ekonomi. Dan ini juga menjadi perhatian khusus WHO,’’ jelasnya.

Sejauh ini, KKP Tunon Taka, Nunukan belum mendapatkan adanya suspeck ILI, dan akan terus mengintensifkan pengawasan demi mencegah masuknya ILI.

Baca Juga:  Kasus Malaria Knowlesi di Perbatasan RI – Malaysia, Ternyata Sudah Ditemukan Sejak 2021

Adapun barometer yang digunakan, ketika ada orang dengan suhu diatas 38 derajat, maka KKP akan melakukan prosedur wawancara.

Suspeck, diharuskan mengisi form kuesioner, menjelaskan riwayat perjalanannya, kondisi tubuh yang dia rasakan, sampai tahap pengambilan swab untuk memastikan apakah masih ada virus Covid-19, atau ada varian baru yang lainnya.

‘’Meski secara umum tidak seketat saat terjadi covid-19, tapi pemeriksaan ILI tidak kalah penting. Kita mengambil sample swab untuk diperiksa di laboratorium dan dilaporkan ke Kementrian Kesehatan RI, selanjutnya dikirim ke WHO. Mereka (WHO) membuat pemetaan jenis virus ILI untuk antisipasi penyebaran wabah meluas,’’ jelas Bahrullah. (Dzulviqor)

Loading

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Nunukan

NUNUKAN – Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Nunukan, merilis hasil investigasi kasus hilangnya uang nasabah bernama Betris, senilai kurang lebih Rp. 384 juta, Selasa,...

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Nunukan

NUNUKAN – Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar senam sehat, bertajuk ‘Bilang aja gak terhadap kejahatan perbankan’, di halaman Kantor Cabang BRI, Jalan TVRI, Nunukan...