Connect with us

Hi, what are you looking for?

Teknologi

Inovasi Pengawasan Melalui Siwaskam di Nunukan Masih Terhambat Nihilnya Akses Sinyal Internet

NUNUKAN – Badan Pengawas Pemilu Nunukan, mensosialisasikan aplikasi ‘Siwaskam’, Sistem Pengawasan Kampanye’ yang diikuti oleh anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang tersebar di dua puluh satu kecamatan, di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Hanya saja, inovasi digital teranyar yang digadang gadang memudahkan pengawasan Pemilu, pendataan dan penyelesaian manakala menemukan dugaan pelanggaran kampanye ini, terhambat akses sinyal internet.

‘’Dari 240 Desa dan Kelurahan, sekitar 145 Desa belum memiliki akses sinyal internet,’’ ujar Divisi Penindakan Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Nunukan, Tusriadi Tahir, pada Senin (18/12/2023) lalu.

Dia menyayangkan, aplikasi dimaksud tidak dapat beroperasi secara maksimal, lantaran akses internet yang kurang memadai. Dampaknya, proses penindakan kembali akan melalui birokrasi yang panjang.

‘’Jadi solusinya petugas Panwas bisa mengirim file model A ke Kabupaten untuk dibantu memformat laporan dan meneruskannya ke Bawaslu Pusat,’’ jelasnya.

Tusriadi juga menegaskan, tak hanya di Kabupaten Nunukan, layanan internet di wilayah 3T Kaltara, masih menggunakan akses internet Very Small Adverture Terminal (VSAT) dan Base Transceiver Station (BTS) yang dibangun Bhakti Kominfo melalui program 3435.

‘’Kondisi ini sudah diketahui pusat dan kita jalankan semampunya saja. Mau bagaimana lagi, wilayah perbatasan masih memiliki keterbatasan sarana akses, khusunya internet,’’ kata dia. (Dzulviqor)

Loading

Baca Juga:  Sebanyak 7 Mesin PLN Nunukan Rusak, Picu Pemadaman Bergilir
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Lainnya

Nunukan

NUNUKAN – Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Nunukan, merilis hasil investigasi kasus hilangnya uang nasabah bernama Betris, senilai kurang lebih Rp. 384 juta, Selasa,...

Olahraga

NUNUKAN – Sabri, salah satu Atlet panjat tebing asal Nunukan, yang pernah meraih medali emas (perorangan) pada PON XVII 2012 di Riau, Perunggu (perorangan)...

Nunukan

NUNUKAN – Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar senam sehat, bertajuk ‘Bilang aja gak terhadap kejahatan perbankan’, di halaman Kantor Cabang BRI, Jalan TVRI, Nunukan...

Hukum

Menanggapi keterlibatan dua angotanya, Syaiful menegaskan, tidak ada toleransi bagi anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.